Fakultas

Trik Sukses Key in

 
Picture of Ahim Abdurahim Dr.,SE.,M.Si.,Ak.,SAS.,CA
Trik Sukses Key in
by Ahim Abdurahim Dr.,SE.,M.Si.,Ak.,SAS.,CA - Tuesday, 23 January 2007, 8:12 AM
 

Trik Sukses Key in

 

Informasi yang harus disiapkan.

1.      Buatlah rencana pengambilan mata kuliah setiap semester dari semester awal sampai semester akhir (rencana kapan lulus), dan target IPK minimal. Evaluasi dengan nilai yang telah diraih. Pertimbangkan MK baru mana yang diambil dan MK mana yang diulang.

2.      Gunakan informasi dalam buku panduan akademik terbaru,seperti mata kuliah prasyarat, syarat kelulusan, pengelompokan mata kuliah, dan sifat mata kuliah.

3.      Ketahui Jadwal Kuliah dan Ikuti informasi Key in. Jadwal Keyin, Waktu, Tempat, kapan pengumuman perubahan jadwal kuliah (Tgl 1 Feb 07).

4.      Pelajari pola penawaran mata kuliah di Fakultas Ekonomi, serta kebijakan-kebijakan yang menyertainya.

5.      Password jangan lupa.

6.      Perhatikan daftar tarif biaya SPP tetap, SPP variable maupun biaya paket.

7.      Rawat dan arsipkan slip bukti pembayaran dan kartu mahasiswa, karena sewaktu-waktu pasti akan diperlukan.

 

 

Trik Sukses Key in                                                                          

1.      Minimal 1 bulan sebelum registrasi orang tua diberi tahu untuk menyiapkan sejumlah dana untuk registrasi.

2.      Lakukan pembayaran dan key in seawal mungkin. Jika key in belakangan sangat mungkin MK yang akan saudara ambil kelasnya sudah penuh.

3.      Manfaatkan dana talangan di BMT Surya Artha Fakultas Ekonomi atau beasiswa yang ditawarkan dari Universitas, Kopertis, DIKTI, Pemda, dls, jika saudara punya masalah keuangan.

4.      Persiapkan mata kuliah yang akan diambil sebelum key in (hindari berfikir memilih mata kuliah pada saat key in didepan computer)

5.      Pilihlah kelas sesuai dengan kelas awalnya, (untuk menghindari bentrok dalam jadwal ujian), dan perhatikan agar jangan sampai ada jadwal kuliah yang bentrok.

6.      Jika ada kelas yang penuh, pilih mata kuliah alternative kedua, sambil menunggu tambahan kuota pada pagi hari jam 09.00 tanggal 1 Februari 2007. Lakukan revisi key in pada jam itu segera karena pada jam tersebut masing-masing kelas akan di tambah kapasita kl 5 mahasiswa perkelas.

7.      Jika ada mata kuliah yang ingin diambil namun tidak ditawarkan, kumpulkan daftar mahasiswa lain yang ingin mengambil mata kuliah tersebut, minimal 30 mahasiswa lengkap dengan nama, no mahassiwa dan tanda tangan, sampaikan ke prodi sebelum tanggal 31 Januari 2007.

8.      Jika ingin BT, namun ada mata kuliah yang baru atau belum lulus, belum keluar  nilainya, mintalah surat percepatan nilai ke TU Fakultas Ekonomi.

9.      Jika mengambil mata kuliah magang atau KKN ambilah kelas yang jam masuknya tidak berbarengan dengan kegiatan Magang atau KKN.

10.  Perhatikan jika ada perubahan jadwal kuliah, dan segera lakukan penyesuaian jika KRS saudara terpengaruh perubahan jadwal tersebut.

11.  Jika sebelum tanggal 31Januari ada kelas yang penuh, segera hubungi Kaprodi/sekprodi untuk menambah kelas baru. Kelas yang penuh setelah tanggal 31 Januari tidak akan dibuka kelas baru.

12.  Jika tidak dapat melakukan pembayaran dan atau key in sendiri dapat dilakukan oleh terman yang saudara percayai. (Resiko kesalahan key in ditanggung saudara)

13.  Lakukan pencetakan KRS saudara, di Kelas IT atau di pengajaran (sebagai arsip dan cross check hasil key in).

14.  Setelah melakukan key in, lakukan pengecekan ulang, pada 3 hari pertama kuliah, bisa jadi terjadi kesalahan key in. Atau cek nama saudara dalam daftar hadir kuliah, jika tidak tercantum berarti key in saudara gagal. Segera hubungi olah data. Tidak semua keluhan dapat difasilitasi, karena ada kemungkinan tidak dapat dirubah lagi, dan resiko kesalahan key in ditanggung mahasiswa.

 

Informasi Penting:

1.      Jadwal Key in mulai hari Senin 22 Jan 1 Feb 2007, Pada tanggal 1 Feb pukul 9.00, diumumkan perubahan jadwal kuliah dan penambahan kapasitas jumlah mahasiswa per ruang kurang lebih 5mhs per ruang.

2.      Jika Mahasiswa pulang sebelum pengumuman perubahan jadwal kuliah, saudara dapat melihat pengumuman tersebut melalui elearning FE UMY, menu informasi. Jika mata kuliah/kelas yang saudara ambil ternyata didrop atau digabung, minta teman saudara yang ada di jogja untuk membantu menyesuaikan. (Jadwal kuliah harus ikut dibawa pulang).

3.      Kode Gab-EM, Gab-EA, artinya di program studi tersebut sebenarnya, tidak menawarkan mata kuliah tersebut, namun karena tetap harus ditawarkan dengan kapasitas yang sedikit, maka tetap ditawarkan, namun kelasnya akan digabung dengan kelas pada prodi yang digabung. Jika ternyata jumlah mahasiswa di kelas Gab-EM atau kelas Gab- EA, lebih dari 30 orang, maka akan dijadikan kelas mandiri, dengan tetap pada hari dan jam yang sama, kemungkinan besar dosennya akan lain, karena tidak mungkin satu dosen mengajar dalam dua kelas yang sama jam dan hari.

4.      Khusus untuk Mata kuliah reguler bukan seminar dan praktikum, Jika pada tanggal 30-31 Januari, kelas yang saudara ambil, jumlah kapasitas terisi kurang dari 15 mahasiswa, maka  sangat besar kemungkinan kelas tersebut pada tanggal 1 Februari akan di drop, karena kecil kemungkinan pada tanggal 1 Februari akan memenuhi kapasitas minimal sebanyak 30 mahasiswa.

 

 

 

Selamat Registrasi semoga sukses